you have entered the zone's Fitrah

interest with Arch, Interior, Photograph....

Rabu, 30 Maret 2011

..Penting jg lohh buat arsitek.....psikologi warna bagi seseorang.

Setiap warna mampu memberikan efek yang berbeda-beda terhadap kondisi psikologis seseorang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memelajari dulu infomasi yang sangat menarik mengenai psikologi warna. Berikut ini adalah deskripsi singkat mengenai efek yang mampu ditimbulkan warna tertentu terhadap emosi dan suasana hati:

Kuning

Dikenal sebagai warna yang lembut menenangkan, kuning memiliki kemampuan untuk menciptakan perasaan hangat yang mencerahkan sekaligus membawa kehangatan ke dalam kamar yang temaram. Kuning juga dikenal memiliki kemampuannya menstimulasi aktivitas otot. Pilihan sempurna untuk warna kamar bayi.

Putih

Mewakili kebersihan dan kesucian, putih juga melambangkan damai dan sukacita. Mengecat kamar dengan warna putih akan membuatnya terasa lebih besar dan lebih terang karena warna ini memantulkan 80 persen cahaya. Putih mungkin bukan warna yang paling menarik untuk kamar anak, tetapi Anda dapat mengakalinya dengan menambahkan satu set seprai bewarna-warni dan berbagai aksesori untuk memperindah ruangan.

Biru

Perdamaian, kebijaksanaan dan keyakinan terefleksi dari sebuah ruangan yang dicat dengan warna biru lembut. Pilihan yang sangat baik untuk warna kamar tidur bayi dan anak, karena mampu menciptakan perasaan menenangkan dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.

Hijau

Merupakan warna yang menyegarkan dan dikenal mampu memperkuat rasa percaya diri serta menunjukkan harapan. Hijau merupakan warna yang mampu mencerahkan suasana hati dan paling sesuai untuk warna kamar tidur anak remaja. Sebab, di usia tersebut mereka sering menghadapi berbagai tekanan dan membutuhkan dorongan kuat untuk menghargai diri sendiri.

Merah

Warna merah menyala mampu meningkatkan hasrat, gairah, dan rangsangan. Merah dapat digunakan sebagai aksen untuk mencerahkan ruangan, tetapi tidak disarankan sebagai warna utama sebuah ruangan. Warna merah tidak dianjurkan digunakan sebagai warna kamar tidur anak yang menghadapi kesulitan untuk tenang.

Ungu

Warna ungu gelap yang digunakan umumnya mengesankan kesetiaan, kekuatan, dan kemewahan. Namun, nuansa warna yang lebih gelap juga bisa menimbulkan perasaan sedih dan frustrasi. Sebaliknya, nuansa ungu yang lebih cerah menciptakan perasaan damai dan penuh nostalgia. Sangat cocok digunakan sebagai warna kamar tidur anak perempuan.

Nuansa bumi

Warna abu-abu, cokelat, atau krem merupakan pilihan yang sangat baik untuk anak-anak hiperaktif. Ketiga warna itu merepresentasikan kehangatan, kenyamanan, dan relaksasi. Warna tanah yang teredam merupakan pilihan terbaik untuk kamar anak laki-laki.

2 komentar:

  1. orange, merah atau kuning:
    tanda ruangan bersuhu tinggi. membuat kita selalu waspada.

    merah :
    di dalam toilet dapat merangsang lancarnya pencernaan dan BAB.

    Coklat :
    memberikan kesan hangat, nyaman dan aman.

    hitam dan emas :
    menimbulkan kesan elegan atau elite.

    Biru :( warna aku banget )
    Melambangkan intelektualitas, kepercayaan, ketenangan, keadilan, pengabdian, seorang pemikir, konsistensi, dan dingin

    Hijau :
    berarti kesehatan, keseimbangan, rileks, dan kemudaan.

    BalasHapus
  2. iy iy pak....satu lg...warna hijau dapat menyehatkan mata..

    BalasHapus